Tips Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 25, 2016
Kesehatan Ibu Janin
Memenuhi Gizi Ibu Hamil sebelum dan selama hamil akan mempengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan dan berdampak pada pertumbuhan sesudah dilahirkan. Kondisi ini tentu harus menjadi perhatian, mengingat sebagian besar Ibu Hamil di Indonesia masih tidak mampu mencukupkan kebutuhan gizi seolah-olah diatas. Bahkan menurut data WHO, 585.000 ibu hamil meninggal pertahun.

Masalah kesehatan dan gizi Ibu Hamil yang umum terjadi saat ini  ialah anemia gizi besi. Gangguan Kesehatan Ibu Hamil ini terjadi karena Zat Gizi yang dibutuhkan Ibu Hamil seperti Sumber Tenaga (Karbohidrat), Protein, Vitamin dan Mineral tidak terpenuhi secara seimbang. Memenuhi Gizi Ibu Hamil sebetulnya tidak sulit dan tidak perlu mahal, lantaran tentu kuliner bergizi lebih majemuk dan tidak terpaku pada harga yang mahal.

Adapun efek dari kasus Kesehatan dan Gizi Terhadap Kualitas Kehamilan dan Kelahiran adalah KEK dan Anemia. Gangguan Kesehatan Ibu Hamil ini memicu terjadinya Kelahiran bayi dengan Berat tubuh Lahir Rendah (BBLR), resiko kesakitan lebih besar terutama pada trisemester 3 dan Resiko Ibu Hamil meninggal 5 kali lebih besar dan 6 kali lebih besar apabila Ibu Hamil juga mengalami abses.

Bagi Bunda yang dikala ini sedang Hamil atau merencanakan kehamilan sebaiknya mengetahui bagaimana menjalani kehamilan dan persalinan, yang diantarnya yaitu sebagai berikut:
  • Wanita usia subur mempunyai akses terhadap pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan dan penanganan resiko komplikasi keguguran.
  • Setiap komplikasi obstetric dan neonatal menerima pelayanan yang memadai dari petugas medis.
  • Setiap persalinan harus di tolong oleh tenaga terlatih, baik itu bidan ataupun dokter tidak dengan dukun.
Ringkasan:
  • Gangguan Kesehatan Ibu Hamil yang paling sering terjadi adalah mengalami anemia gizi besi,
  • Anemia gizi mengakibatkan perkembangan janin tidak maksimal bahkan memicu kelahiran prematur,
  • Tips Memenuhi Gizi Ibu Hamil supaya kondisi ibu hamil dan janin tetap sehat, yaitu mencukupkan konsumsi kuliner secara seimbang.

Tampilkan Komentar