Pertumbuhan Bayi di Awal Kelahiran

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 15, 2016
Kesehatan Bayi
Pertumbuhan Bayi di Awal Kelahiran tentu menjadi perhatian bagi orang renta, terutama bagi orang tua dengan anak pertama. Meski tentu ketika awal sesudah persalinan, ibu membutuhkan waktu untuk pemulihan terutama peredaran darah dan otot-otot perut. Kondisi ini tentu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan karena tentu kehidupan baru Bunda dengan buah hati cukup menguras emosi dan stamina Bunda.

Pada minggu pertama setelah kelahiran, buah hati Bunda tentu memiliki kebiasaan makan dan tidur yang belum teratur. Di awal kelahiran bayi akan sering untuk minum asi, yang meski dalam jumlah sediki namun proses ini akan mendorong Persediaan ASI. Dan aktifitas ini akan mengakibatkan 80% dari waktu bayi dipakai untuk menatap wajah Bunda.

Awal Perkembangan Bayi ialah bentuk Kepala yang ketika lahir memanjang, usang-kelamaan akan menjadi lebih bulat, rambut-rambut halus pada kulit tubuh akan rontok,  warna kulit dan kotoran akan menjadi lebih bersih.

Satu ahad setelah persalinan, mungkin bayi masih suka tidur dengan posisi ketika berada di dalam janin, namun akan lebih rileks dengan belaian dan usapan lembut yang Bunda lakukan. ketika Bunda akan mengangkat, Kepala bayi harus tetap ditopang, namun seiring pertumbuhan bayi akan semakin bisa mengendalikan kepala, terutama apabila Bunda sering menggendongnya.

Setelah ASI mengalir dengan lancar dan selera makan buah hati meningkat, maka dirinya akan lebih jarang Minum namun ketika minum ASI akan lebih usang. Pada aktifitas ini, menjadi waktu terbaik untuk menikmati kontak, pembicaraan sambil sesekali mengisap payudara Bunda. Tidak satupun kata dari Bunda yang terbuang percuma. Bahkan ketika Buah hati Bunda berbaring sendirian dalam ayunan, bayi akan tetap menikmati suara Bunda yang tentu sudah sangat ia kenali.

Dengan Awal Perkembangan Bayi yang begitu cepat tersebut, Bunda harus segera berguru untuk bias menyesuaikan diri dengan kebutuhan bayi. Hal ini bertujuan untuk memenuhi rasa puas bayi dan pertumbuhan yang maksimal di awal kehidupannnya yang tentu akan menjadi imbalan yang tidak ternilai untuk Bunda.

Ringkasan:
  • Pertumbuhan Bayi di Awal Kelahiran akan lebih maksimal apabila Bunda meningkatkan interaksi fisik kepada buah ahri,
  • Menyusui Bayi, selain memaksimalkan pertumbuhan di awal kelahiranna juga berfungsi untuk mengembalikan kondisi rahim ke dalam bentuk semula.

Tampilkan Komentar