Perbedaan imbas Samping Vaksin Palsu dengan orisinil

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 31, 2016
Vaksin Palsu
Demam merupakan pengaruh samping yang umum terjadi sesudah balita melaksanakan imunisasi. Hal ini terutama apabila Buah hati anda melakukan vaksin DPT (difteri, pertusis, tetanus). Kondisi ni juga sering menjadi  alasan sejumlah orangtua untuk memilih jenis vaksin DPT impor diketahui tidak menyebabkan demam setelah Imunisasi.

Menurut klarifikasi Profesor dr Kusnandi Rusmil, SpA(K) selaku Kepala Divisi Tumbuh Kembang Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, demam disebabkan karena kandungan pertusis pada vaksin DPT jenis whole cell atau vaksin yang memakai seluruh sel bakteri yang telah dilemahkan.

Setelah dilakukan penelitian, vaksin DPT aseluler memang tidak menimbulkan demam atau setidaknya hanya risiko demam yang ringan. Namun, penelitian lebih lanjut memperlihatkan, vaksin DPT aseluler mampu mengakibatkan anak kembali terkena pertusis saat akil balig cukup akal.

Imunisasi vaksin aseluler memang bisa menyampaikan kekebalan yang lebih tahan usang terhadap tubuh. Sehingga memang vaksin DPT aseluler sebaiknya diulang sesudah beberapa tahun. Dan untuk Vaksinasi ulang yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan dikenal dengan istilah booster.

Program vaksin di Indonesia, menggunakan vaksin jenis whole cell buatan PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat. Sedangkan, Vaksin DPT aseluler yang digunakan merupakan produk impor, yang tentu lebih mahal lantaran sampai kini Bio Farma belum memproduksi vaksin aseluler. Dan kemampuan vaksin whole cell maupun aseluler untuk membuat badan kebal terhadap penyakit tersebut pun sama baiknya.

Perbedaan kandungan vaksin dan metode pembuatannya, maka tentu vaksin aseluler tentu mempunyai harga lebih mahal dibanding whole cell lantaran memang harus di import. Dan karena harga yang mahal dan belum diproduksi di dalam negeri. Cukup sulit bagi pemerintah Indonesia apabila harus menyampaikan vaksin DPT aseluler untuk sekitar 5 juta bayi yang lahir setiap tahunnya.

Ringkasan:
  • Demam pada anak kecil yang menerima imunisasi merupakan hal yang wajar,
  • Imunisasi yang sering membuat anak deman yaitu imunisasi vaksin DPT.
  • Jenis vaksin DPT ada dua yaitu vaksin aseluler dan vaksin DPT.

Tampilkan Komentar