Penyebab Osteoporosis pada laki-laki

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 30, 2016
Osteoporosis pada laki-laki memang kurang diperhatikan, lantaran sampai dikala ini banyak orang beranggapan bahwa osteoporosis hanya menyerang perempuan usia tua. Padahal laki-laki dengan usia diatas 50 juga berisiko tinggi mengalami patah tulang karena osteoporosis. Dan banyak pria tida sadar bahwa mereka juga sangat berisiko terkena osteoporosis.

Banyak faktor risiko osteoporosis pada perempuan, juga untuk pria. Namun, tentu pria menghadapi beberapa aspek unik sehingga menjadikannya sebagai Penyebab Osteoporosis pada pria, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

Usia laki-laki diatas 50 tahun akan mulai kehilangan kepadatan tulangnya sekitar 0,5 sampai satu persen pertahun. Kondisi tulang yang terus-menerus melemah dan berkurangnya kemampuan untuk membangun selnya kembali mengakibatkan tulang menjadi lemah.

Hilangnya hormon testosterone seiring dengan bertambahnya usia juga berpengaruh terhadap hilangnya kepadatan tulang. Hal ini dikarenakan testosteron merupakan sumber dari sejumlah kecil estrogen yang dibentuk oleh tubuh makan yang anda konsumsi.

Tidak menerima cukup kalsium dan vitamin D tentu menjadi peran penting dalam kesehatan tulang. Kedua sat ini berperan penting untuk membangun tulang yang kuat, dan vitamin D membantu tubuh mampu menyerap kalsium dari kuliner yang anda konsumsi. Untuk memenuhi kedua sat ini bisa didapatkan dari susu dan produk susu lainnya serta jus jeruk yang diperkaya dan sereal, pemanis dan tentu terkena sinar matahari yang cukup.

Merokok atau minum-minuman beralkohol merupakan aktifitas yang secara tidak eksklusif menjadi penyebab kepadatan tulang menurun.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat diabetes, depresi, rheumatoid arthritis, obat-obatan seakan-akan steroid dan beberapa obat yang digunakan untuk mengobati sakit maag dan kanker juga mampu menimbulkan kepadatan tulang menurun sehingga terjadi Osteoporosis pada laki-laki

Ringkasan:
  • Pria akan lebih banyak menderita Osteoporosis pada usia diatas 50 tahun,
  • Setiap tahun seorang pria akan mengalami penurunan kepadatan tulang antara 0,5 – 1 %.
  • Penyebab Osteoporosis pada pria yaitu usia, hilangnya hormon testosterone, kurang kalsium dan vitamin D, rokok, alkohol dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Tampilkan Komentar