Penyebab Gatal pada Organ Genital perempuan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 23, 2016
Organ Genital perempuan
Gatal pada Organ Genital perempuan memang sering terjadi dan tentu menciptakan rasa tidak nyaman untuk beraktifitas. Selain lebih sulit dan tentu tidak etis untuk digaruk, anda harus lebih berhati-hati mengobati rasa gatal area yang sensitif ini. Penyebab Gatal pada Organ Genital perempuan bisa disebabkan oleh banyak hal, seolah-olah bahan pakaian dalam atau lantaran disebabkan oleh abses.

Pada artikel ini, Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menyampaikan pengetahuan apa saja yang menjadi Penyebab Gatal pada Organ Genital perempuan yang paling sering, yang diantaranya adalah:

Gatal pada Organ Genital wanita disebabkan karena Bakteri vaginosis (BV), yang dipicu oleh ketidakseimbangan bakteri dan PH pada V*g*na. Rasa gatal yang disebabkan karena BV menyerupai dengan nanah jamur, namun cairan yang dihasilkan lebih encer dan berbau. Apabila anda mengalami tanda-tanda ini, sebaikny segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat obat yang sempurna.

Gatal pada Organ Genital wanita yang disebabkan karena Infeksi jamur, dipicu lantaran tingkat keasaman V*g*na yang terganggu. nanah Jamur pada V*g*na  bisa muncul karena stres, penggunaan antibiotik, kekerabatan s*ksu*l, atau penderita diabetes.  Selain rasa gatal, abses jamur pada V*g*na juga akan mengakibatkan keluarnya cairan yang kental berwarna keputihan. Mencegah nanah berulang pada V*g*na, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat antibiotik sesuai anjuran dokter.

Iritasi kulit atau Dermatitis kontak yang disebabkan oleh alergi produk tertentu, seperti parfum, bercukur, lubrikan, dan juga penggunaan kondom juga bisa menjadi penyebab Gatal pada Organ Genital wanita. Adapun gejala yang muncul ialah kulit menjadi benjol, kemerahan, dan terasa tebal.

Gatal pada Organ Genital perempuan disebabkan lantaran kasus kulit seakan-akan eksim atau psoriasis. Hal ini ditandai dengan kulit genital gatal dan kemerahan. Gangguan kesehatan ini bisa diatasi dnegan menggunakan produk salep steroid yang ringan untuk meredakan rasa gatal dan tentu penggunaannya harus sesuai petunjuk dokter.

Berbagai jenis infeksi Menular Seksual (IMS) juga bisa menjadi Penyebab Gatal pada Organ Genital wanita. Adapun IMS yang sering terjadi ialah herpes, gonorhea, chlamydia, dan kutu pubis. Rasa gatal yang disebabkan lantaran gangguan kesehatan ini mampu bermetamorfosis rasa sakit seakan-akan terbakar. Dan untuk pengobatannnya sebaiknya dilakukan investigasi terlebih oleh dokter.

Gatal pada Organ Genital perempuan juga bisa disebabkan lantaran adanya Perubahan Hormon yang bisa terjadi kapan saja, terutama saat menjelang haid, hamil, menopause, atau saat menggunakan alat kontrasepsi berbasis hormonal.

Ringkasan:
  • Penyebab Gatal pada Organ Genital wanita mampu disebabkan oleh basil, jerawat, iritasi kulit, IMS atau Perubahan Hormon,
  • Perubahan Hormon pada perempuan yang memicu Gatal pada V*g*na seolah-olah akan menstruasi, ketika hamil, praMenopause atau penggunaan alat kontrasepsi,
  • Penyebab Gatal pada Organ Genital perempuan sebaiknya diobati dengan melaksanakan pemeriksaan oleh dokter.

Tampilkan Komentar