Teknologi Robot untuk Tangan Lumpuh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 12, 2016
Tangan Robot Wayan
Akhir-Akhir ini banyak diberitakan I Wayan Sumardana atau Tawan yang mengenakan tangan robot yang dibentuk sendiri, karena tangannya lumpuh. Tawan bisa menggerakan lenganyang lumpuh lantaran stroke lantaran bantuan Teknologi Robot. Meski hingga dikala ini masih menjadi misteri, namun benarkan tangan yang lumpuh mampu digerakan dengan robot.

Dr. Fritz Sumantri Usman Sr, SpS selaku mahir saraf dan juga ahli saraf intervensi , FINS mengungkapkan, secara teori Tawan mungkin saja mampu membangkitkan gelombang Mu yang berkaitan dengan aktivitas motorik atau gerak di otaknya. karena apabila gelombang Mu dikumpulkan dan diperbesar mampu dipakai sebagai sentra tenaga. Untuk selanjutnya, setelah diolah sirkuit elektronika tertentu, alat itu menstimulus otot-otot di lengan supaya mampu bergerak sesuai harapan.

Seseorang perlu banyak berlatih untuk mengaktifkan gelombang Mu, karena pada kondisi normal gelombang Mu mampu muncul dikala seseorang merasakan rileks. Dengan memakai elektroda di kepala dan Electricencephalography (EEG), gelombang di otak tersebut mampu terlihat karena aktivitas listrik di otak telah direkam.

Mengenai tangan robot dipakai Tawan, Dr. Fritz menyampaikan bahwa sebaiknya elektroda penangkap sinyal juga diletakan di puncak kepala, yang mempunyai gelombang Mu paling banyak. Tawan sudah terlatih bisa mengaktifkan gelombang Mu, sehingga alat yang dibentuknya akan sulit dipakai oleh orang lain, karena gelombang Mu tidak bisa timbul seketika pada semua orang. Menganggapi gerakan Tangan Robot Tawan yang begitu rapi, Dr. Fritz beranggapan mungkin kelumpuhan yang dirasakan wayan tidak keseluruhan.

Ringkasan:
  • I Wayan Sumardana atau Tawan menciptakan tangan robot dengan sensor otak,
  • Bagian tubuh yang terkena lumpuh bisa diusahakan untuk menggunakan donasi teknologi robot,
  • Robot tangan Tawan di dibentuk dengan penggagas sistem pe

Tampilkan Komentar