Khasiat Bawang Dayak, Bawang Sabrang, Bawang Berlian

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 26, 2016
Salah satu Jenis Bawang-Bawangan yang memiliki banyak Nama dan banyak Khasiat adalah Bawang Dayak. Bawang Dayak disebut juga sebagai bawang mekah,bawang tiwai,bawang berlian,bawang hutan dan juga juga terkenal dengan nama bawang sabrang.

Bawang Sabrang memiliki nama Latin eleutharin Americane Merr. Bawang Sabrang lebih populer dengan nama Bawang Dayak, bawang berlian, disebut juga bawang Arab, bawang hutan, babangan, bawang siam, teki Sabrang, Lulu sapi, jari angau.

Mungkin masyarakat indonesia masih banyak yang belum mengenal Bawang dayak ini,karena bawang yang juga dinamakan bawang berlian ini, hidup didaerah perhutanan kalimantan.

Bawang ini disebut sebagai bawang dayak, karena memang bawang ini hidup di kalimantan dekat dengan orang-orang dayak.

Adapun kepingan yang di manfaatkan dari bawang sabrang, bawang dayak, bawang berlian atau bawang arab ini untuk obat yaitu umbi bawang.

Kandungan utama bawang Sabrang atau bawang dayak yaitu flavonoid, fenolik, saponin, alkaloid, tanin dan polifenol.
Khasiat Bawang Dayak, Bawang Sabrang, Bawang Berlian
Khasiat Bawang Dayak, Bawang Sabrang, Bawang Berlian via bawangdayak.org

Khasiat Bawang Dayak Untuk Kesehatan

Khasiat bawang dayak, bawang sabrang, bawang berlian, bawang Arab, bawang hutan, babangan, bawang siyam, teki Sabrang, Lulu sapi, jari angau. untuk mengobati ber macam jenis penyakit, diantaranya:

- Khasiat Bawang Dayak untuk Mengobati Penyakit Amandel.
Amandel atau radang amandel bisa menyerang siapa saja baik yang bau tanah,muda maupun kanak-kanak. jikalau di abaikan maka amandel akan membesar sehingga mampu berakibat kuliner sulit tertelan. oleh karena itu di rekomendasikan supaya mengonsumsi bawang dayak,bawang sabrang,bawang berlian ini untuk menyembuhkannya.

- Bawang Dayak untuk Menyembuhkan penyakit Perut.
Penyakit perut seperti rasa nyeri, mual mampu di redakan dengan bawang dayak atau bawang sabrang ini.

- Manfaat Khasiat Bawang Dayak untuk Menyembuhkan Flu.
orang-orang dayak di kalimantan sering mengkonsumsi bawang dayak ini untuk mengobati penyakkit flu. Kandungan anti kuman yang tinggi begitu efisien untuk menghambat bakteri yang memicu flu.

- Bawang  Sabrang untuk Menyembuhkan Penyakit Hepatitis.
Bawang sabrang tidak hanya sanggup untuk menyembuhkan penyakit yang ringan-ringan saja, akan tetapi bawang berlian ini juga mampu untuk menyembuhkan penyakit kritis seperti halnya penyakit hepatitis - kuning.

- Khasiat Bawang Dayak untuk Menaikkan Daya Tahan tubuh.
Bawang Dyak juga mengandung vitamin C dan juga anti oksidan yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, khasiat bawang dayak bisa di bilang sangat banyak.
Mengonsumsi bawang dayak atau bawang sabrang ini secara teratur bisa bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan daya pada tubuh .
Dalam mengkonsumsi bawang dayak ini, Kita bisa mencampurnya dalam masakan.

- Bawang Dayak untuk Membantu Menghindari Kanker dan Tumor.
Tumor dan kanker termasuk juga penyakit yang sangat mengganggu dan mengkhawatirkan sekali. sebab banyak orang yang telah mati lantaran kedua penyakit tersebut.

Untuk menghambat dan mencegah pertumbuhan tumor dan kanker, Kita mampu mengonsumsi bawang dayak sebagai penangkalnya . Selain bawang dayak atau bawang sabrang ini mengandung anti-oksidan yang tinggi, bawang berlian ini juga mengandung zat naphtoquinones yang merupakan senyawa alami untuk mencegah timbulnya sel tumor dan kanker.

- Bawang Dayak untuk Membersihkan tubuh dari bakteri.
Bawang dayak mengandung anti kuman yang sangat baik guna membantu badan melawan bakteri pemicu timbulnya penyakit. Disamping itu, kandungan anti bakteri aktif mampujuga membersihkan tubuh kita dari basil-bakteri. hingga badan kita menjadi lebih sehat karena terhindar dari penyakit.

- Khasiat Bawang Sabrang untuk Menghindari Terjadinya bisul.
Bawang dsabrang memiliki kegunaan juga sebagai penghindar abses. Terjadinya nanah dapat berlangsung di dalam badan maupun diluar tubuh. Oleh alasannya ialah itu, jika kita khawatir dengan abses yang dikarenakan oleh luka, Kita bisa memanfaatkan bawang sabrang untuk mengurangi dan bahkan mencegah terhadap terjadinya bengkak.

- Bawang Berlian untuk Mencegah Perkembangan biakan virus, Mikroba dan bakteri.
Mikroba, virus,dan basil merupakan makhluk yang sering kali sebagai penyebab datang nya aneka macam macam penyakit pada tubuh insan.

Jika sampai virus, Mikroba dan bakteri berkembang biak pada tubuh, maka mampu mengakibatkan tubuh terserang majemuk jenis penyakit yang sangat berbahaya.

- Bawang dayak untuk Mencegah Terjadinya Peradangan.
Bawang sabrang mampu untuk pencegah terjadinya peradangan di dalam tubuh.  yang mana peradangan sering terjadi pada potongan lambung, tenggorokan, dan juga usus.

- Khasiat Bawang Sabrang untuk Mengobati Asam Urat
Bagi kamu yang mempunyai kasus penyakit asam urat, bawang sabarang atau dayak mampu digunakan sebagai salah satu obat asam urat yang sangat efektif.

Sebaiknya bawang dayak atau bawang sabrang atau bawang berlaian ini jikalau di manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit diatas, dipakai pada ketika pertumbuhan bawang telah mencapai puncak vegetatif, yaitu ketika kuncup bunga pada tumbuhan bawang sudah terlihat.

Khasiat Bawang Sabrang Untuk Pengobatan Kanker


Bawang sabrang mempunyai khasiat sebagai anti radang atau anti inflasi,berkhasiat pula untuk menghentikan perdarahan hemostatik dan juga berhasiat sebagai antitumor.

Umbi bawang Sabrang sangat efektif untuk menyembuhkan kanker payudara, khususnya mampu mengempeskan benjolan dan menghilangkan rasa sakit balasan peradangan.

Manfaat Lain Dari Bawang Sabrang Atau Bawang Dayak Untuk Penyembuh Penyakit Kanker.

1. Manfaat Bawang Sabrang atau bawang Dayak sebagai anti kanker serviks.
Ekstrak bawang berlian atau bawang Dayak atau bawang Sabrang mampu untuk menurunkan tingkat lisan ciclin sel kanker servik uteri Hela secara signifikan

2. Manfaat Bawang Sabrang atau Dayak sebagai anti kanker payudara.
Pemberian ekstrak bawang berlian sanggup menekan tingkat verbal p53 Mutan Galur sel kanker payudara T47D secara in Vitro.

3. Manfaat Bawang Sabrang atau bawang Dayak sebagai anti kanker kolon
Bawang berlian atau bawang Dayak atau bawang Sabrang berpotensi menekan kanker kolon yang dilihat dari verbal p53 Mutant. Pada konsentrasi 0,39 mikrogram per mili menghasilkan ekspresi  P 53 Mutant sebesar 32,41%

Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak, Bawang Sabrang ,Bawang Berlian :

Sediakan 7 Hingga 10 siung umbi bawang Sabrang dan 1 gelas air matang.

Cara membuat bawang Sabrang,bawang dayak untuk mengobati kanker, ialah :

Cuci higienis umbi bawang Sabrang kemudian campur dengan air, kemudian hancurkan atau lembutkan menggunakan blender.
Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak, Bawang Sabrang ,Bawang Berlian
Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak, Bawang Sabrang ,Bawang Berlian

Cara pemakaiannya yaitu: sesudah umbi bawang Sabrang diblender dengan campuran air, kemudian hasil ramuannya diminum 2 hingga 3 kali per hari sebanyak 1 gelas.
Selain itu, bawang Sabrang juga mampu dikonsumsi secara mentah 7 Hingga 10 siung sebanyak 3 kali sehari.
Apabila tidak suka dengan rasanya,maka irisan bawang Sabrang bisa dimakan dengan pisang sebagaimana ketika kita menelan Pil.

Tampilkan Komentar