Cara membuat Bonsai Pohon Pepaya Berbuah lebat dan Perawatannya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Mei 28, 2016
Cara Menanam Biji Pepaya Menjadi Bonsai Pedek Berbuah Lebat Dan Cara Merawatnya,hidup-sehat.serhamo.net - Buah pepaya tidaklah merupakan buah yang langka, alasannya yaitu sejak dahulu era masyarakat dunia terutama warga penduduk indonesia sudah sangat akrab dengan yang namanya buah pepaya. Bahkan buah ini tidak hanya dijadikan sebagai hidangan buah-buahan di ruang tamu. Namun buah pepaya yang masih muda juga kerab dijadikan sebagai sayuran oseng-osengan.
Buah pepaya mempunyai bentuk yang bundar dan lonjong serta berwarna hijau kekuningan.
Bonsai Pohon Pepaya
Bonsai Pohon Pepaya
Buah pepaya praktis sekali di temukan di pasar-pasar indonesia, sedangkan tumbuhan pohon buah pepaya, kita biasa menemukannya di pekarangan-pekarangan desa maupun kota dalam sekala kecil maupun besar. alasannya ialah tanaman buah pepaya ini mudah sekali tumbuh dan berbuah di tanah indonesia.

Sehingga, kita pun bisa menanam pepaya sendiri di pekarangan rumah kita, dengan Cara menaburkan biji-biji buah pepaya ataupun dengan Cara mencangkok pepaya dan menciptakan buah pepaya menjadi bonsai dalam pot yang unik dan menarik serta dapat berbuah lebat dan buahnya pun tidak kalah dengan buah pepaya yang di tanam secara biasa .


Cara Pemangkasan Pohon Pepaya Menjadi Pohon Bonsai

Pemangkasan pohon pepaya menjadi bonsai pada intinya yaitu pada tahap pemangkasan pucuk pohon pepaya.
Pemangkasan pohon pepaya menjadi bonsai tidak saja berfungsi sebagai peremajaan pada tumbuhan pohon pepaya, akan tetapi juga bisa meningkakan hasil panen buah pepaya.

Teknik Memangkas Pohon Pepaya Menjadi Bonsai Pepaya
Teknik Cara pemangkasan pohon pepaya menjadi pohon bonsai mampu di bilang mudah, alasannya yaitu kita hanya perlu memangkas pohon tumbuhan pepaya pada waktu yang tepat.
Pepaya bisa di buat secara bonsai semenjak awal penanaman bibit tanaman pepaya.

Menanam Bibit tanaman Pohon Pepaya

Bibit tumbuhan pohon pepaya sebaiknya ditanam dengan rapat kira-kira berjarak 1,5 meter x 1,5 meter. sesudah pohon pepaya berumur 4-5 bulan semenjak penanaman,biasanya tanaman pohon pepaya sudah serentak berbunga.
Pilih tanaman pohon pepaya yang mempunyi bunga yang sempurna, yaitu pada satu bunga pepaya mempunyai benang sari dan putik.
Pembuangan dari tanaman yang mempunyi bunga yang sempurna dilakukan sambil mengatur baris pepaya berjarak menjadi 3 meter x 3 meter.
Setelah batang pohon pepaya dirasa sudah kuat dan tumbuh dengan sehat, lalu batang pohon pepaya dipangkas setinggi 1 meter.
Bekas pangkasan dari pepaya tersebut hendaknya ditutupi kantong plastik supaya tanaman tidak menjadi kedaluwarsa.
Kemudian sesudah itu, tumbuhan pepaya di kasih pupuk sangkar sekitar 10 kg per pohonnya, dan pupuk npk 15-15-15 sekitar 50 gram per pohonnya, kemudian lakukan penyiraman pada tanaman pohon pepaya yang telah dipangkas atau dijangkok, terutama sekali disaat hujan tidak kunjung turun.
Penyiraman air ini bertujuan supaya peresapan unsur hara menciptakan tumbuh tunas-tunas baru pada tumbuhan buah pepaya. sesungguhnya, pemangkasan pada ujung batang pohon pepaya dalam waktu yang tepar dapat sebagai penceggah tumbuh memanjangnya pohon pepaya ke atas.
Setelah 2-4 minggu dari pemangkasan, tunas-tunas pohon pepaya akan tumbuh kembali di bawah bekas pemangkasan sejumlah 2 hingga 4 tunas baru, tunas-tunas gres tersebut dibiarkan tumbuh membesar secara sehat.
Dengan Cara tersebut tumbuhan pohon pepaya akan tumbuh berperawak pendek, bercabang, dan berbunga dengan tepat.
Setelah tunas samping tumbuh, tutup berupa kantong plastik hendaknya segera dibuka. kalau tidak dibuka maka pertumbuhan tunas samping akan menjadi terganggu, bahkan akan Makara keriting.

Cara Merawat Bonsai Pohon Pepaya agar Cepat Berbuah

Cara merawat bonsai tanaman pohon pepaya tergolong sangat praktis, adalah
Rutin lakukan pemupukan npk setiap 3 bulan dan penyiraman yang cukup.
Berilah pupuk NPK. bonsai pohon pepaya secara rutin dalam 3 bulan sekali.
Berilah siraman air yang mencukupi untuk bonsai pohon pepaya.

Cara Merawat Bonsai Pohon Pepaya Pasca Berbuah Lebat
Setelah tumbuhan bonsai pohon pepaya sudah mau berbuah, Berikan pupuk npk 15-15-15 padanya dengan ukuran 50-100 gram dengan rentang waktu 6 bulan sekali.
Atau pupuk pepaya bonsai di berikan saat menjelang musim kemarau dan menjelang isu terkini
Penghujan, atau bisa juga dikala bonsai pohon pepaya dalam musiam berbunga dan sehabis memanen buah pepaya.
Apabila tanaman pohon pepaya dirasa mulai menurun dalam berbuah. maka coba lakukan pemangkasan kembali pada pohon pepaya kira-kira 50 cm dari atas dasar cabang pohon pepaya.

Tampilkan Komentar