Cara biar Buah Nangka Cepat Matang/Masak

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 27, 2016
Buah nangka ialah buah yang teksturnya seolah-olah durian, buahnya lebih besar dari durian, rasanya yang manis legit dan aromanya yang harum bila sudah matang.

Di indonesia, Biasanya Buah Nangka berumur renta, matang atau masak dan siap di konsumsi pada bulan Agustus hingga November.
Cara supaya Buah Nangka cepat matang
Buah Nangka Matang (Masak) di Pohon

Ciri-ciri Buah Nangka Sudah Matang

Cara Mengetahui Buah Nangka sudah Matang dengan Tutorial menekan buahnya. kalau tekstur kulit buah nangka nampak melunak, itu ciri-cirinya buah nagka sudah matang. Ciri lain dari buah nagka yang bau tanah ialah jarak antar duri-duri kulit nangka tampak lebar, tangkai erat pangkal buahnya menguning, dan daun-daunnya berguguran, kalau di pukul akan berbunyi dug dug, selain itu warna kulit buah nangka akan nampak menguning dan busuknya harum. ( Baca Juga : Jenis-jenis Buah Nangka di Indonesia )

Cara agar Buah Nangka Cepat Matang/Masak

Cara yang mampu dilakukan biar buah nangka cepat Matang atau masak lezat, yaitu: Cobalah Anda potong tangkai buah nangka dan tusukkan sebatang kayu atau bambu yang ujungnya di iris lancip kemudian tusukkan pada tangkai buah hingga menembus hati buah nangka dengan  sepanjang sekitar 10 cm. Kemudian simpan buah nangka dengan baik, kemudian tutupi dengan karung.Dengan Cara ini biasanya dalam waktu tiga hari buah nangka sudah matang.
Cara supaya Buah Nangka cepat matang
Cara agar Buah Nangka cepat matang

Cara Menyimpan Nangka yang sudah dibuka
Buah Nangka yang sudah terlanjur di buka atau belah atau bahkan sudah dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil, Tutorial menyimpannya semoga matang dan kondusif di konsumsi yaitu :
Simpanlah dalam kulkas selama 2 sampai 3 hari
Simpan buah nang di freezer selama 1 hingga 2 bulan.
Caranya :
– Tutup potongan daging nangka dengan plastik wrap, lalu buah nagka disimpan di dalam kulkas.
– Untuk nangka yang sudah dikeluarkan dari kulitnya, maja masukkan dalam wadah kedap yang berudara. kemudian simpan di dalam kulkas.
– Untuk membekukan, keluarkan nangka dari kulitnya dan buang biji-biji nya, masukan dalam wadah kedap udara. kemudian Simpan di dalam freezer. Umumnya kuliner yang di dinginkan/dibekukan dalam suhu 0 ° Celsius aman untuk di konsumsi. 

Cara Mengolah Buah Nangka
Buah-buah nagka jarang sekali di sajikan sbg buah segar, akan tetapi buah nangka umunya dibikin untuk olahan sayuran, khususnya untuk buah nangka yang muda-muda yang sering disebut sebagai Gori.
Untuk buah nangka yang sudah renta dan matang sering di bikin olahan minuman jus, seolah-olah juga untuk es campur, es buah, yang di olah menjadi dodol, sari buah keripik, dan selai.

Sebagai materi baku keripik dan anggunan buah nangka harus dalam keadaan matang mengkal dengan ciri-ciri : sudah matang namun masih keras, buah nangka sudah mengeluarkan kedaluwarsa harumnya, biasnya umurnya sekitar 7 hingga 7,5 bulan. Cara panen buah nangka yang dilakukan pada usia yang terlalu muda mengakibatkan elokan atau kripik yang diolah akan terasa masam. Sedangkan, jika nangka di petik terlalu matang, keripik yang dihasilkan  akan lembek dan berair yang sulit kering.

Adapun jikalau Buah Nangka di petik sebagai buah meja, maka nangka sebaiknya di panen ketika sudah tua, Buah nangka akan mencapai matanag fisiologis setelah umurnya kurang lenih 8 bulan yakni 125 hingga 160 hari dihitung sejak pembungaan.

Ada beberapa jenis buah nangka yang bisa dibikin olahan, nangka yang mampu di buat sebagai olahan antara lain: nangka salak,nangka merah,nangka kunir,nangka hutan,nangka kendel,nangka cempedak,nangka dulang,nangka mini,nangka bubur dan nangka besar. Selamat Mencoba.

Tampilkan Komentar