Cara praktis Puasa Ramadhan untuk Ibu Menyusui

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 12, 2016
Ibu Menyusui memang tidak dihentikan baik oleh agama atau ilmu medis untuk tetap menjalankan puasa Ramadhan. Bahkan tidak sedikit Ibu yang merasakan kenikmatan yang lebih saat Berpuasa Ramadhan meski dirinya menyusui buah hati. Namun tidak sedikit juga Ibu yang khawatir, apabila berpuasa menghipnotis produksi dan kualitas ASI. Untuk itu pada artikel ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menyampaikan tips bagi Bunda bagaimana tetap menyusui namun Produksi dan Kualitas ASI tetap maksimal.

Ibu Menyusui yang ingin tetep berpuasa ramadhan harus memperhatikan asupan kalori ketika buka puasa, malam hari dan dikala sahur.  Hal dikarenakan ibu menyusui membutuhkan lebih dari 500 kalori setiap hari, dan protein sebanyak 20 gram lebih tinggi supaya produksi dan Kualitas ASI tetap terjaga.

Cara simpel Puasa Ramadhan untuk Ibu Menyusui diawali dengan harus berbuka dan sahur dengan mengkonsumsi makanan yang mempunyai jumlah kalori yang lebih besar dibandingkan ketika tidak berpuasa. Pada malam hari sesudah sholat tarawih, ibu menyusui juga harus mengkonsumsi makanan berat, sayuran dan buah yang banyak mengandung gizi.

Ibu Menyusui yang ingin tetap berpuasa, juga harus lebih memperbanyak konsumsi kuliner berprotein seakan-akan ikan, daging ayam, telur, dan daging merah. saat Sahur sebaiknya Bunda mengkonsumsi yaitu beras merah, sayuran hijau.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, Ibu Menyusui yang Berpuasa Ramadhan juga harus minum susu khusus Ibu Menyusui ketika sahur dan berbuka puasa. Bunda juga sebaiknya mengkonsumsi madu, lantaran menurut penelitian di Jepang, madu murni berfungsi untuk memperlancar ASI, dan menambah zat anti kuman di dalam ASI. Hal ini tentu akan menciptakan buah hati lebih mudah terhindar dari banyak sekali penyakit.

Selain menjaga kesehatan fisik dikala Puasa Ramadhan, Ibu Menyusui juga harus menjaga emosi dan pikiran, lantaran pikiran yang tertekan dan stres mampu mempengaruhi jumlah produksi ASI. Semoga Tutorial simpel Puasa Ramadhan untuk Ibu Menyusui tersebut diatas bisa membantu anda menjalankan Ibadah di Bulan Suci yang sebentar lagi akan tiba.

Ringkasan:
  • Berpuasa pada Ibu Menyusui tidak dihentikan dalam agama maupun dalam ilmu medis,
  • Ibu Menyusui tetap mampu Berpuasa Ramadhan dengan menjaga contoh makan yang lebih sehat dan bergizi,
  • Ibu Menyusui yang Berpuasa sebaiknya meningkatkan konsumsi sayuran, buah-buahan, ikan , telur, daging ayam dan daging merah.

Tampilkan Komentar