Cara Merawat Kulit biar abadi Muda dan Segar

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 09, 2016
Cara Merawat Kulit biar abadi Muda
Kulit baka Muda dan Segar tentu menjadi cita-cita setiap orang dan tentu termasuk anda. Namun memang karena faktor usia, kulit akan menjadi lebih kering, kendur, keriput dan berbintik-bintik. Hal ini terutama terjadi pada kulit wajah karena merupakan yang paling tipis sehingga sangat rentan terhadap tanda-tanda penuaan.

Cepat lambatnya proses penuaan kulit tergantung pada gen dan faktor-faktor eksternal seolah-olah radikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa oksigen bernafsu yang selalu hadir secara alami dalam badan, dan berfungsi untuk mengaktifkan kekebalan badan. Meski bermanfaat, namun apabila jumlahnya terlalu banyak, maka akan menyerang sel-sel badan termasuk sel-sel kulit sehingga menjadi simpel rusak.

Mencegah Radikal Bebas supaya tidak Merusak Kulit

Pola hidup sehat dan perawatan kulit yang sempurna mampu mencegak pembentukan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan pada kulit. Adapun beberapa hal yang mampu mengurangi proses penuaan kulit dan menjaga kesehatan kulit yaitu dengan merawat kulit secara teratur, menghindari paparan sinar matahari di siang hari, melaksanakan diet seimbang yang bervariasi, mendapat asupan cairan setiap hari, hindari rokok, cukup tidur dan rolahraga teratur.

Merawat Kulit Wajah

Merawat kulit yang umum adalah dengan mencuci wajah, dan Cara ini memang  sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit wajah, menjaga pori-pori wajah tidak tersumbat dan mencegah munculnya infeksi atau komedo. Mencuci wajah minimal dilakukan 2 kali sehari, selain itu pastikan ketika tidur kulit wajah anda dalam keadaan yang higienis.

Saat tidur, tubuh akan meregenerasi sel kulit, termasuk sel kulit wajah. Proses ini sangat penting karena mampu memperbaiki kerusakan dan mengganti sel kulit yang mati dengan sel kulit yang baru. Proses regenerasi kulit tidak akan berjalan lancar apabila tertutupi oleh debu atau kotoran.

Sinar Ultraviolet Merusak Kulit

Matahari menghasilkan Sinar ultraviolet yang akan menciptakan kulit menjadi kering dan memiliki garis-garis kerutan halus terutama kulit di dahi, pipi dan sekitar mata. Untuk itu, lindungilah kulit dari bahaya radiasi sinar matahari. Hindari paparan sinar matahari secara pribadi terutama pada pukul 11.00 s.d. 15.00. Apabila terpaksa harus bekerja di bawah sengatan sinar matahari, gunakan terlebih dahulu tabir surya minimal 30 menit sebelumnya dan oleskan lagi dua jam setelahnya.

Makanan tepat untuk Kulit Sehat

Kulit sehat bisa didapatkan dengan  mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian setiap hari. Konsumsi Daging, unggas, dan ikan bahwasanya cukup dimakan 2-3 kali seminggu dengan porsi secukupnya. Anda juga harus minum air putih yang cukup atau minimal minimal 2 liter atau 8 gelas air putih per hari.

Paparan Rokok Merusak Kulit

Merokok membuat pucat kulit dalam jangka panjang dan mempercepat penuaan kulit. Rokok akan memperbanyak timbulnya radikal bebas di dalam tubuh sehingga merusak sel-sel badan. Nikotin di dalam rokok menimbulkan pembuluh darah sempit sehingga kulit kekurangan pasokan darah dan menerima nutrisi yang lebih sedikit.

Seseorang yang kurang tidur akan membuat kulit tidak mampu pulih sepenuhnya, sehingga kulit menjadi stres dan memburuk. Rata-rata orang tidur 6-7 jam di malam hari sudah cukup untuk memulihkan kondisi tubuh. Merawat Kulit semoga baka Muda dan Segar juga harus didukung dengan melaksanakan aktifitas fisik atau ulahraga secara rutin. Dengan Tutorial ini, sirkulasi darah di seluruh bagian badan termasuk kulit akan baik, sehingga sel-sel kulit akan menerima nutrisi yang cukup. Olahraga juga akan melatih otot akan mengencangkan kulit di atasnya.

Ringkasan:
  • Faktor usia akan menciptakan kulit menjadi lebih kering, kendur, keriput dan berbintik-bintik,
  • Rutin mencuci wajah akan menghindarkan dari munculnya nanah atau komedo,
  • Cara Merawat Kulit semoga infinit Muda dan Segar mampu dengan mengkonsumsi sayuran dan buah serta berolahraga rutin.

Tampilkan Komentar