Cara Menghitung abad Subur wanita sesudah Menstruasi

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Februari 06, 2016
Cara Menghitung kurun Subur sesudah Haid
Menghitung periode Subur wanita sehabis Menstruasi adalah salah satu Tutorial untuk bagaimana mencapai kehamilan untuk istri. Hal ini tentu berkaitan erat dengan program anda untuk merencanakan kehamilan, sehingga anda perlu memiliki catatan periode menstruasi. Siklus menstruasi merupakan rentang hari sejak hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Adapun siklus menstruasi wanita yang normal terjadi setiap  21 - 35 hari.  Hari ke-1 (satu) pada Siklus Menstruasi adalah hari pertama menstruasi terjadi.

Menstruasi dimulai pada hari pertama saat dinding rahim meluruh dan menjadi darah, keluar dari alat kelamin wanita. Pada periode menstruasi, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. dikala sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut danperistiwa ini disebut ovulasi.

Ovulasi terjadi sekitar 12 – 14 hari sebelum hari pertama menstruasi. Namun memang hari terjadinya ovulasi tergantung pada siklus menstruasi. Apabila siklus Anda pendek, misalnya hanya 22 hari, maka ovulasi mampu terjadi hanya beberapa hari sesudah menstruasi berakhir. Kaprikornus, waktu ovulasi mampu berbeda pada tiap perempuan.

Masa Subur perempuan berkisar di sekitar waktu ovulasi, kira-kira dalam lima hari sebelum ovulasi terjadi. Pada perempuan dengan siklus menstruasi 28 hari, era subur perempuan adalah 12 – 16 hari sebelum masa menstruasi berikutnya. Dalam kata lain, rata-rata wanita mengalami kurun subur di antara hari ke-10 sampai hari ke-17 sehabis hari pertama menstruasi sebelumnya.

Hal yang menjadi tantangan yaitu pada umumnya lama kala menstruasi wanita bisa berubah dari waktu ke waktu, biasanya berlangsung 2-7 hari. Kondisi ini menciptakan ovulasi mampu berbeda sepekan lebih cepat atau lebih lambat dibanding periode selanjutnya.

Selain proses ovulasi, terjadinya kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. biar dapat hamil, sel telur yang telah matang ini harus dibuahi dalam waktu 12 sampai 24 jam. Dan tentu sperma yang mampu membuahi ialah sperma yang berkualitas baik.

Untuk memperkuat prediksi Puncak abad Subur, Anda mampu menggunakan beberapa indikator lain mengetahui Puncak periode Subur perempuan seperti:
  • Suhu basal tubuh meningkat. Suhu basal badan ialah suhu badan dikala bangkit di pagi hari, yang normalnya adalah 35,5 – 36.6 derajat celcius. Namun apabila suhu badan Anda meningkat sedikit lebih tinggi dari angka tersebut, bisa menjadi indikasi Anda telah mengalami ovulasi dalam 1 – 2 hari terakhir.
  • Adanya lendir dari lisan rahim dengan ciri berwarna bening, licin, dan elastis, seakan-akan putih telur mentah. Cairan ini yang akan memperlancar dan melindungi jalannya sperma menuju tuba falopi sehingga terjadi pembuahan.
  • Nyeri ringan hingga berat pada perut atau salah satu kepingan punggung. Beberapa wanita merasakan hal ini di ketika mengalami puncak periode subur. Atau beberapa wanita juga mengalami lebih berangasan, lebih bersemangat, dan lebih mudah bersosialisasi ketika mengalami kala subur.
Dengan mengetahui Cara menghitung era subur setelah menstruasi, Anda akan menjadi lebih praktis dalam merencanakan kehamilan dan mengevaluasi kesehatan reproduksi. Apabila Tutorial diatas telah anda lakukan namun dalam waktu 6 bulan belum terjadi kehamilan segera lakukan konsultasi dengan dokter S.Pog, supaya dilakukan pemeriksaan lebih detail.

Ringkasan:
  • Siklus menstruasi perempuan yang normal terjadi setiap  21 - 35 hari,
  • Ovulasi terjadi sekitar 12 – 14 hari sebelum hari pertama menstruasi,
  • Menghitung masa subur sesudah menstruasi akan mempermudah merencanakan kehamilan dan mengevaluasi kesehatan reproduksi.

Tampilkan Komentar