Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 17, 2016
Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah, hidup-sehat.serhamo.net - Pekarangan rumah tidak selalu harus ditanami tumbuhan hias atau tanaman buah. tanaman sayur pun mampu ditanam di pekarangan rumah kita. tumbuhan sayuran dengan penataan yang rapi akan menciptakan pekarangan rumah nampak asri. 

Keberadaan tumbuhan sayuran di pekarangan rumah kita sebagai pemilik rumah tidak akan hanya menikmati keasrian dan hijaunya pekarangan rumah, namun juga mampu memetik hasil untuk di masak dan di makan sendiri bersama keluarga.
Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah
Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah


Jenis Sayuran yang Cocok ditanam di Pekarangan Rumah

Memang selama ini Para pemilik rumah lebih memilih tanaman buah atau tanaman hias untuk menghijaukan halaman atau pekarangan rumahnya untuk mengindahkannya. akan tetapi kini tidak sedikit para pecinta tumbuhan bahkan ibu rumah tangga memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertanam sayuran. selain sayuran ditanam pribadi di dalam lahan tanah yang tersedia, ada juga yang menanam tumbuhan sayur di media seolah-olah pot atau polybag.  bahkan sudah banyak pula orang yang memanfaatkan wadah bekas seakan-akan bekas kaleng, cat, baskom bocor atau wadah lain yang mampu di manfaatkan sebagai pot tumbuhan sayuran. 

Bertanam sayur di pekarangan rumah mempunyai banyak manfaat dan kelebihan tersendiri.  yang dapat untuk memenuhi kebutuhan keluarga, pekarangan juga nampak Asri kalau di lihat. 
misalnya pada tumbuhan terung atau daun yang disusun sedemikian rupa sehingga tampak indah dipandang mata.

Manfaat lain dengan bertanam sayuran di pekarangan rumah ialah sayuran yang dipetik lebih segar dan juga lebih sehat tentunya, lantaran tidak mengandung banyak zat kimia, bahkan sayuran tersebut mampu dibentuk secara organik. 

Sayuran ditanam untuk dimanfaatkan sebagai atau seluruh belahan tanamannya.
Ada juga jenis sayuran yang diambil buahnya saja seperti tomat dan cabe.  Ada juga yang diambil daunnya saja seakan-akan ini tanaman kangkung, sawi dan bayam. Ada juga tumbuhan yang dimanfaatkan umbinya saja seakan-akan bawang merah atau juga bawang putih. 

Kegunaan sayuran dan Tutorial menanamnya juga beraneka ragam, mulai direbus atau dikukus sebelum dimakan sampai dimakan secara mentah sebagai lalapan bersama dengan sambal.

Sebagai komoditas yang dikonsumsi sehari-hari, sayuran banyak diusahakan oleh petani di mana mengembunkan nya.  Secara bisnis, sayuran memang menguntungkan apabila diusahakan dalam skala besar. Akan tetapi tidak sedikit pecinta tanaman sayur yang menanamnya di  pekarangan rumah atau sekitar rumah seakan-akan di belakang rumah. 

Bagi pembudidaya tumbuhan yang memiliki halaman yang luas, Maka sayuran umumnya ditanam langsung di lahan dengan terlebih dahulu membuatkan bedengan-bedengan untuk tumbuhan sayuran. 

Bertanam sayur eksklusif di lahan atau tanah memerlukan persiapan yang cantik. tanah yang akan ditanami sayuran harus diolah terlebih dahulu semoga supaya tanah tanah menjadi gembur yang siap untuk ditanami sayuran 

Cara mengolah tanah mencakup pencangkulan dan pembalikan tanah belahan atas, dan menyampaikan pupuk sangkar sebanyak 1 kg per m2 nya.  sehabis itu dibentuk bedengan-bedengan yang sesuai dengan luas lahannya.

Tanaman sayur pun siap di tanam. sesudah itu, di buat bedengan yang di sesuaikan dengan luas lahan. tanaman sayur pun siap di tanam.

Menanam sayuran di pekarangan rumah sangat bermacam-macam. Ada yang ditanam eksklusif di tanah atau juga menanamnya dalam wadah seolah-olah pot yang dimodifikasi semenarik mungkin atau dengan konsep perpaduan antara bak dan tanaman untuk memelihara ikan dan sayuran. 

Teknik ini terkenal disebut aquaponik sistem bercocok tanam tanpa tanah atau terkenal dengan sebutan hidroponik.  hal ini juga dapat menjadi seni manajemen bertanam sayuran di pekarangan rumah.

Jenis sayuran sayuran yang ditanam di pekarangan rumah


umumnya tanaman sayuran yang biasa dijumpai di pekarangan rumah adalah jenis tanaman sayuran yang praktis ditanam dan praktis Tutorial merawatnya.

Berapa jenis sayuran yang banyak ditanam di pekarangan rumah, yaitu cabai,selada,sawi, bayam dan juga kangkung.

Sayuran ditanam bertujuan untuk diambil daun buah atau bunga bunganya.  Oleh alasannya yaitu itu tumbuhan sayuran bisa dibedakan berdasarkan bagian yang banyak di manfaatkan bagi manusia, yaitu sayuran daun, sayuran buah, sayuran umbi dan juga sayuran bunga-bungaan,sayuran umbi.

1. Sayuran Umbi
Sayuran umbi yang biasa ditanam di pekarangan rumah yaitu kentang,wortel lobak,bawang merah dan bawang putih merupakan beberapa jenis tumbuhan yang termasuk dalam kelompok sayuran umbi. Dinamakan Kelompok sayuran umbi lantaran serpihan tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai sayur adalah umbinya. 
Sayuran Umbi
Sayuran Umbi

2. Sayuran Bunga
Sayuran yang ditanam berupa bunga bertujuan untuk diambil bunganya atau yang diambil untuk disayur atau dimakan pada pecahan bunganya antara lain : bunga turi dan bunga kol. 
Sayuran Bunga
Sayuran Bunga

3. Sayuran Buah
Sayuran buah dinamakan sayuran buah alasannya tanaman ini ditanam untuk diambil buahnya. 

Jenis sayuran yang termasuk dalam jenis sayuran buah ini antara lain : tomat,terong, labu siam,cabe, mentimun, pare dan buncis. 

Buah dari sayuran-sayuran tersebut umumnya bisa dikonsumsi eksklusif atau dimasak atau juga ditumis sebagai lalapan atau adonan sambal. 

4. Sayuran Daun
Sayuran daun merupakan tumbuhan sayur yang diambil pecahan daun dan batangnya untuk dimakan secara langsung, dimasak, atau juga dijadikan lalapan. 
Sayuran Daun
Sayuran Daun

Sayuran jenis ini biasanya ditanam di sekitar rumah atau di pekarangan rumah untuk hiasan sekaligus keperluan dapur. Sayuran yang termasuk dalam golongan ini,antara lain kangkung, bayam, kemangi, selada, sawi, seledri dan petai. 

Tampilkan Komentar