Cara Mengenali tanda-tanda Awal Kanker Serviks

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 31, 2016
Mendeteksi Kanker Serviks
Kanker Serviks atau kanker leher rahim termasuk jenis kanker yang paling banyak dialami wanita di Indonesia. Namun hingga sekarang juga masih banyak yang belum sadar untuk melakukan deteksi dini kanker ini. Adapun Penyebab Kanker serviks ialah Human Papilloma Virus (HPV) yang umumnya menular melalui kekerabatan suami istri. Sehingga bagi wanita yang sudah menikah, mempunyai resiko tinggi terkena kanker serviks dan seharusnya melakukan deteksi dini kanker.

Deteksi dini untuk mengetahui ada tidaknya sel kanker bisa dilakukan dengan metode pap smear maupun IVA. Hal ini untuk meningkatkan peluang kesembuhan pasien lebih tinggi, lantaran kanker bisa diobati dengan baik, apabila masih dalam tahap awal pertumbuhan.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ketua Yayasan Kanker Indonesia Prof. Dr Aru Wisaksono Sudoyo, SpPd-KHOM "Deteksi dini juga harus berada di garis depan. kalau kanker ditemukan stadium satu atau dua, keinginan sembuhnya tinggi, pengobatan lebih cepat, lebih murah,". Bahkan apabila telah ditemukan masih lesi prakanker, bisa dicegah berkembang Kaprikornus kanker menggunakan metode krioterapi atau metode pendinginan. ia juga mengatakan, untuk meningkatkan kesadaran pentingnya deteksi dini, sangat diperlukan edukasi kepada masyarakat tak hanya di kota-kota besar.

Untuk itu, edukasi kanker serviks dilakukan tidak hanya kepada masyarakat, para tenaga kesehatan, seolah-olah bidan dan dokter umum juga diberikan edukasi mengenai kanker serviks. administrator SDM dan Umum Garuda Indonesia Sari Suharso menjelaskan, edukasi mengenai kanker serviks diberikan kepada sekitar 700 akseptor.

Khusus untuk tenaga kesehatan, mereka mendapatkan pelatihan menggunakan metode pap smear dan IVA, serta menggunaan alat krioterapi oleh YKI dan tenaga kesehatan dari sejumlah rumah sakit. Pemerinta sebaiknya juga melaksanakan acara untuk investigasi pap smear maupun IVA secara gratis.  Tujuannya tentu di kemudiian hari angka peristiwa kanker serviks lebih rendah, baik angka kesakitan dan kematiannya.

Untuk itu, jangan tunggu muncul keluhan untuk melakukan deteksi dini kanker serviks. Pencegahan kanker serviks bahkan juga sudah bisa dilakukan semenjak kecil. sebab, kanker serviks ialah satu-satunya kanker yang bisa dicegah dengan vaksin.

Ringkasan:
  • Kanker Serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami perempuan di Indonesia,
  • Penyebab Kanker Serviks ialah Human Papilloma Virus (HPV) yang bisa menular saat kekerabatan suami istri,
  • Pencegahan Kanker Serviks mampu dilakukan sejak kecil, yaitu dengan melakukan vaksinasi.

Tampilkan Komentar