Budidaya Bawang Merah Pada animo Kemarau

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 21, 2016
Budidaya Bawang Merah trend Kemarau, hidup-sehat.serhamo.net - Pada artikel sebelumnya kami sudah membuat beberapa artikel panduan Tutorial budidaya bawang merah dan juga Tutorial budidaya bawang putih .

Dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas bagaimana Tutorial budidaya menanam bawang merah pada trend kemarau.

Menanam bawang merah mampu dibilang sulit. sebab kenyataannya petani indonesia sering mengalami ketidak berhasialan atas bawang merah yang di budidayakannya sehingga bawang merah sering mengalami kenaikan harga.

Karena sedikitnya petani dalam hasil memanen tanaman bawang merah, bahkan pemerintah sering mengimpor tumbuhan dari luar negeri sebagai bumbu kebutuhan masyarakat indonesia.

Diantara periodelahnya ialah kurang begitu paham teknik budidaya bawang merah pada tiap musimnya, ialah pada musim hujan atau pada ekspresi dominan kemarau.

Kali ini kita akan membahas bagaimana Tutorial menanam bawang merah pada animo kemarau.

Pada dasar intinya menanam bawang merah pada animo kemarau itu juga sama saja ketika kita menanam bawang merah pada isu terkini selainnya, yaitu dengan Tutorial bibit bawang merah dipotong pada cuilan ujungnya sepertiga. Namun untuk bibit bawang merah dari umbi yang sudah sekitar 7-10 bulan lamanya dalam penyimpanan. bila tidak di potong maka tidak mengapa.

Pada lahan yang akan ditanami baik itu sawah,kebun atau tegalan, sebelum ditancapi bibit-bibit bawang merah, maka sebaiknya dibentuk pengairan padanya hingga tanah menjadi lembap merata dan airnya disisakan sepertiganya saja.

Terkait :  Mengolah Tanah untuk Menanam Bawang Merah


Lalu bawang merah dibenamkan dalam tanah tersebut sekitar dua pertiganya dari panjang bibit bawang merah.

Sesudah proses menanamkan bibit ke lahan selesai, maka diharapkan untuk menyemprotkan obat herbisida pra tumbuh yang banyak aktif oksifluorfen goal/gulma sebanyak 15 cc per tangkis semprotan( sekitar 17 liter) .adapun penyemprotan diberikan tidak lebih dari sehari setelah menanamkan bibit bawang merah sebagai permulaan budidaya bawang merah.
pupuk pembesar buah bawang merah
pupuk pembesar buah bawang merah

Bibit bawang merah yang cocok di budidaya pada demam isu kemarau


Dalam budidaya bawang merah supaya karenanya lebih maksimal yaitu dalam budidaya bawang merah dimusim kemarau mendapatkan hasil panen yang melimpah dan menguntungkan, maka sebaiknya kita menanam kan bibit-bibit bawang merah yang cocok ditanam pada isu terkini kemarau.

Meskipun dalam mendapatkan atau memperoleh bibit-bibit bawang merah yang cocok ditanam pada musim kemarau tersebut didapatkan dari impor dari negara lain.

Varietas bawang merah impor yaitu varietas bawang merah yang berasal dari luar negeri, tidak orisinil indonesia.

Beberapa jenis bawang merah impor adalah bawang merah yang didatangkan dari Thailand, filipina dan australia.

Bawang merah varietas impor juga telah banyak dibudidayakan di indonesia.

Varietas impor tersebut antara lain bawang merah bangkok, bawang merah australia, dan bawang merah filipina.
cara menanam bawang merah di demam isu kemarau
cara menanam bawang merah di musim kemarau


Bibit Bawang Merah Varietas Bangkok

Varietas bawang merah bangkok ini berasal dari thailand. Bawang merah varietas bangkok tumbuh di dataran rendah dan cukup manis ditanam pada periode demam isu kemarau.

Di indonesia beberapa daerah yang sudah menanam varietas bawang merah yang cocok ditanam pada ekspresi dominan kemarau ini adalah brebes, tegal dan cirebon.

Varietas bawang merah bangkok sudah berbunga pada usia 45 hari sejak penanaman dan bisa dipanen pada umur panen 65 hari.

Adapun ciri-ciri bawang merah varietas bangkok ini yaitu daunnya berbentuk silinder dan berwarna hijau renta , umbinya berbentuk bundar dan berwarna merah renta.

Bawang merah jenis bangkok ini cukup tahan terhadap serangan penyakit bau umbi.

cara menanam bawang merah
cara menanam bawang merah

Bibit Bawang Merah Varietas Australia 

Bawang merah varietas australia ini didatangkan dari negara australia. Bawang merah varietas ini bisa ditanam di banyak sekali tempat dan bisa ditanam di segala trend, termasuk ekspresi dominan kemarau.

Jenis bawang merah ini mampu tumbuh di dataran tinggi maupun juga dataran yang sedang.
Selain dari pada itu, bawang merah jenis ini bisa tumbuh di ekspresi dominan kemarau dan musim penghujan

Bawang merah varietas ini berbentuk lingkaran berukuran besar dan berwarna merah pucat.

Pada satu rumpun nya : umbi bawang merah varietas ini terdiri dari 7 sampai 12 umbi bawang.

Adapun umur bawang merah ini ialah sekitar 65 sampai 70 hari.


Bibit Bawang Merah Varietas Filipina 

Bawang merah varietas filipina ini berasal dari negara filipina, bawang merah ini memiliki sifat yang sama seolah-olah bawang merah lokal pada umumnya, yaitu warna umbinya merah mengkilap

Budidaya bawang merah filipina ini cocok di tanam di dataran rendah dan hanya cocok tumbuh pada musim kemarau.

Bawang merah varietas ini mampu dipanen pada saat umur 50 hingga 60 hari setelah ditanamkan .

Itulah Cara budidaya bawang merah animo kemarau dengan Cara memprioritaskan bibit-bibit bawang merah yang cocok di tanam pada musimnya.

Tampilkan Komentar