Beda Ikan Sarden dengan Ikan Mackerel yang ditarik BPOM karena Mengandung Cacing

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Januari 23, 2016
Ikan Sarden vs Ikan Mackerel
Sehubungan dangan ditariknya 27 produk Ikan Mackerel Kalengan yang nyata mengandung cacing parasit jenis Anisakis sp, masyarakat tentu harus berhati-hati dalam menentukan produk siap saji. hingga ketika ini mungkin masyarakat awam masih belum tahu mengenai Daftar 27 brand Ikan Mackerel Kalengan yang di Tarik BPOM, bahkan mungkin ada beberapa masyarakat yang juga menganggap bahwa Ikan Sarden Kalengen juga mengandung benalu cacing tersebut.

Produk ikan kalengan termasuk salah satu kuliner olahan favorit yang biasa dikonsumsi masyarakat. Ikan olahan dengan pemanis saus yang dikemas dalam kaleng ini bisa berisi ikan Mackerel atau ikan sarden. Meski kebanyakan masyarakat menyebut keduanya sebagai ikan sarden, namun bahu-membahu ikan sarden dan ikan Mackerel adalah dua jenis ikan yang berbeda.

Pada artikel ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menjabarkan perbedaan antara Ikan Sarden dengan Ikan Mackerel yang pada beberapa merk ditarik BPOM lantaran Mengandung Cacing, yang diantaranya adalah :

1. Sarden dengan Mackerel Jenis ikan berbeda

Ikan Mackerel merupakan jenis ikan yang banyak di maritim Atlantik dan masuk dalam keluarga ikan kembung dan tenggiri atau masuk dalam klan Scombridae. Sedangkan Ikan Sarden termasuk jenis ikan kecil yang banyak hidup di bahari mediterania yang masuk dalam keluarga Clupeidae. Ikan Sarden termasuk ikan yang mengandung minyak tinggi, berukuran kecil dan sering disebut ikan herring.

2. Bentuk dan ukuran Ikan Sarden dengan Ikan Mackerel berbeda

Ikan Mackerel mempunyai tubuh ramping, memanjang terdapat garis hitam memanjang dan mempunyai ukuran lebih besar. Sedangkan ikan saden mempunyai tubuh yang dilapisi sisik berwarna perak dengan kepingan daging berwarna gelap dan masuk dalam kelompok ikan berukuran kecil.

3. Harga Ikan Sarden dengan Ikan di pasaran

Ikan Mackerel hidup di perairan dalam dan lebih sulit ditangkap, hal ini membuat harganya yang lebih mahal. Ikan sarden hidup berkelompok, populasinya sangat banyak, lebih mudah ditangkap sehingga harganya lebih terjangkau.

4. Ikan Sarden kalengan aman dikonsumsi

Merujuk dari Daftar 27 brand Ikan Mackerel Kalengan yang di Tarik BPOM sampai dikala ini, maka Ikan sarden kalengan kondusif dikonsumsi. Tetapi tetap harus dimasak dengan suhu tinggi sebelum dikonsumsi dan sebaiknya di lakukan pengecekan terlebih dahulu.

Ringkasan:
  • Ukuran Ikan Sarden lebih kecil dibandingkan badan Ikan Mackerel yang mengandung cacing berbahaya,
  • Harga Ikan Ikan Sarden lebih terjangkau dibandingkan dengan harga Ikan Mackerel,
  • Dari daftar yang dikeluarkan BPOM sampai dikala ini Ikan Sarden Kalengan aman dikonsumsi.

Tampilkan Komentar